+62 818-0808-0605

Jasa Pembuatan SPT Tahunan Badan

Pembuatan SPT Tahunan Badan

SPT Tahuna Badan adalah sebuah kewajiban bagi pemilik badan usaha. Jika ada ketidakjelasan atau keraguan terkait pengisian SPT Tahunan Badan, sebaiknya mintalah bantuan dari ahli perpajakan atau konsultan pajak yang menawarkan jasa pembuatan SPT tahunan pajak badan untuk memastikan ketaatan terhadap peraturan perpajakan yang berlaku.

Pengertian SPT Tahunan Badan

Pertama-tama, kita kenali terlebih dahulu apa itu SPT Tahunan. Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan formulir Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) untuk melaporkan penghitungan objek pajak PPh, bukan objek pajak PPh, harta, dan kewajiban.

Perusahaan atau badan harus melengkapi dan mengisi SPT tahunan badan sebagai formulir untuk melaporkan penghitungan atau pembayaran pajak, sesuai dengan pengertian di atas.

Tingkatkan Keamanan Keuangan Anda!
Gunakan Jasa Pajak dan Akuntansi Ashadi & Rekan Bandung.

Hubungi Kami!

Batas Penyampaian SPT Tahunan Badan

Anda perlu tahu juga bahwa SPT Tahunan PPh memiliki batas waktu penyampaian paling lama 4 (empat) bulan setelah akhir Tahun Pajak. Wajib Pajak dapat memperpanjang batas waktu penyampaian SPT Tahunan hingga 2 bulan setelah batas waktu penyampaian SPT Tahunan dengan cara mengirimkan atau menyampaikan Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan.

Wajib pajak harus membuat Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan secara tertulis ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) atau melalui e-Filing sebelum batas waktu penyampaian SPT Tahunan berakhir dengan dilampiri:

a. Perhitungan pajak yang terutang selama 1 tahun pajak yang batas waktunya peyampaian di perpanjang
b. Laporan Keuangan sementara
c. Surat Setoran Pajak atau sarana administrasi lain yang kedudukannya sama dengan Surat Setoran Pajak sebagai bukti pelunasan kekurangan pembayaran pajak yang terutang, dalam hal terdapat kekurangan pembayaran pajak
d. Surat kuasa khusus dalam hal SPT Tahunan yang tertera tanda tangan kuasa Wajib Pajak.

Pengambilan Formulir SPT Tahunan Pajak Badan

Berikut tempat pengambilan Formulir SPT Tahunan:

  1. Mengunduh melalui website pajak.go.id
  2. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) / Instansi Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat.
  3. Mobil Pajak Keliling / Pojok Pajak

Penyampaian SPT Tahunan Pajak Badan

Berikut adalah media penyampaian SPT Tahunan:

  1. Datang langsung ke KPP / KP2KP
  2. e-Filing
  3. Kantor Pos
  4. Melalui jasa ekspedisi (tercatat)
  5. Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan

Persyaratan Dokumen untuk Mengisi SPT Tahunan Pajak Badan

Formulir SPT 1771 adalah satu-satunya formulir yang digunakan untuk SPT Tahunan Badan. Formulir SPT 1771 meliputi lampiran I hingga IV yang berisi informasi mengenai wajib pajak badan. Anda dapat melihat formulirnya di sini.

Formulir ini berguna bagi wajib pajak badan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Usaha Dagang, Commanditer Venture (CV), organisasi, dan yayasan. Berikut keenam lampiran dari Formulir SPT 1771.

  1. Formulir 1771-I, yaitu lampiran untuk penghitungan penghasilan neto fiskal.
  2. Formulir 1771-II, yaitu berisi uraian perincian harga pokok penjualan, biaya usaha lainnya dan biaya dari luar usaha secara komersial.
  3. Formulir 1771-III, yaitu lampiran untuk mengisi pajak dalam negeri.
  4. Formulir 1771-III, yaitu lampiran yang berisi laporkan jumlah penghasilan yang dikenakan PPh final, jumlah PPh final yang telah dibayarkan, dan jumlah penghasilan yang bukan merupakan objek PPh selama tahun pajak yang bersangkutan.
  5. Formulir 1771-V, yaitu lampiran yang memuat daftar pemegang saham/pemilik modal dan jumlah dividen yang telah dibagikan, serta susunan pengurus/komisaris.
  6. Formulir 1771-VI, yaitu lampiran yang berisi laporan mengenai daftar penyertaan modal pada perusahaan afiliasi, daftar utang dari pemegang saham dan/atau perusahaan afiliasi, serta daftar piutang kepada pemegang saham dan/atau perusahaan afiliasi.

Lampiran dan Dokumen Lain

Selain harus mengisi lampiran I – VI dalam formulir 1771, Wajib Pajak juga harus melengkapi formulir lampiran khusus 1A – 8A. Lampiran khusus tersebut berisi informasi seperti daftar penyusutan dan amortisasi, daftar kantor cabang utama perusahaan, serta harta berwujud/tidak berwujud yang dimiliki dan digunakan dalam perusahaan yang dapat disusutkan/diamortisasi.

Baca juga:

Jasa Pembuatan SPT Pribadi

Jasa Pembuatan SPT Tahunan Pajak Badan bersama Ashadi dan Rekan

Ashadi Rekan Bandung merupakan bagian dari firma Ashadi dan Rekan yang menyediakan pelayanan jasa pajak, akuntansi dan jasa konsultansi pada bidang akuntansi, perpajakan, manajemen dan training terpercaya, independen, akuntabel, dan profesional.

Simak Video “Yuks, yang belum punya SPT Badan ….

@akuntan_keuangan_pajak Yuks, yang belum punya SPT Badan …. #fyp #laporankeuangan #akuntansi #sptbadan #sptpribadi #audit #tpdoc#ppn #pph #npwp #pemeriksaanpajak#pendampinganpajak #transferpricing ♬ suara asli – KJA & KKP Ashadi dan Rekan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top