+62 818-0808-0605

Jasa Pendampingan Pemeriksaan Pajak

Pendampingan Pemeriksaan Pajak

Pemeriksaan pajak merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan dan mengolah data, keterangan, dan/atau bukti dengan cara yang objektif dan profesional sesuai dengan standar pemeriksaan yang berlaku. Pemeriksaan ini dilakukan oleh tenaga ahli yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak yang disebut sebagai pemeriksa pajak.

Tujuan Pemeriksaan Pajak

Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk menguji kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan. DJP dapat melakukan pemeriksaaan dengan maksud atau tujuan lain. Akan tetapi, tujuan lain tersebut harus dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Selain itu, pemeriksaan pajak juga dapat memastikan bahwa sistem pajak yang diterapkan di Indonesia, yaitu self-assessment, berjalan dengan baik. Sistem self-assessment sendiri memberikan hak penuh kepada wajib pajak dalam melakukan penghitungan, pembayaran hingga pelaporan pajak.

Jenis Pemeriksaan Pajak

Terdapat 2 jenis pemeriksaan pajak, di antaranya sebagai berikut.

  1. Pemeriksaan Lapangan,Yaitu pemeriksaan yang di lakukan di lapangan yang di tentukan oleh Direktur Jenderal Pajak
  2. Pemeriksaan Kantor,yang di maksud adalaha melakukan pemeriksaan yang dilakukan di kantor Direktorat Jenderal Pajak.

Tingkatkan Keamanan Keuangan Anda!
Gunakan Jasa Pajak dan Akuntansi Ashadi & Rekan Bandung.

Hubungi Kami!

Jangka Waktu Pemeriksaan Pajak

Berdasarkan Peraturan Kementrian Keuangan No. 199/PMK.03/2007, Pemeriksaan dapat di lakukan di kantor dalam jangkan waktu maksimal 3 bulan dAN bisa di perpanjang 6 bulan. Hal itu terhitung setelah Wajib Pajak memenuhi surat panggilan untuk Pemeriksaan Kantor hingga tanggal Laporan Hasil Pemeriksaan.

Sementara itu, Pemeriksaan di lakuakan dalam waktu paling lama 4 Bulan. Pemeriksaan dapat di perpanjang sampai 8 bulan setelah Surat Pemeriksaan sampai

Selain itu, jika terdapat tanda-tanda transaksi terkait transfer pricing dan/atau transaksi khusus lain yang menunjukkan adanya rekayasa transaksi keuangan selama Pemeriksaan Lapangan, maka pemeriksaan tersebut akan memerlukan waktu lebih lama dan pengujian yang lebih mendalam. Oleh karena itu, Pemeriksaan Lapangan akan selesai dalam waktu paling lama 2 (dua) tahun.

Pendampingan Pemeriksaan Pajak oleh Konsultan Pajak

Pendampingan pemeriksaan pajak merupakan praktik di mana individu atau perusahaan yang sedang menjalani proses pemeriksaan pajak melibatkan seorang profesional terlatih, seperti akuntan atau konsultan pajak guna memberikan bantuan dan pendampingan selama proses pemeriksaan oleh pemeriksa pajak.

Adapun peran konsultan pajak dalam mendampingi wajib pajak saat akan ada pemeriksaan pajak adalah sebagai berikut.

  • Seorang konsultan pajak membantu wajib pajak memahami aturan pajak yang relevan dengan situasi mereka.
  • Konsultan Pajak wajib membantu dan mepersiapkan dokumen, catatan keuangan, dan informasi yang di perlukan saat pemeriksa pajak melakukan proses pemeriksaan
  • Selama proses pemeriksaan, konsultan pajak memberikan panduan dan dukungan kepada wajib pajak.
  • Mereka memastikan bahwa wajib pajak tetap mematuhi aturan perpajakan yang berlaku dan memberikan jawaban yang akurat dan komprehensif selama proses pemeriksaan.
  • Konsultan pajak bisa bertindak sebagai perantara antara wajib pajak dan pemeriksa pajak. . Mereka juga berupaya untuk bernegosiasi mengenai ketentuan tertentu jika memungkinkan.
  • Konsultan Pajak yang baik adalah dapat melakukan perlakuan yang adil dan dapat menjaga hak hukume yang di jaga

Baca juga

Jasa Pembuatan SPT Tahunan Pajak Badan

Jasa pendampingan pemeriksaan Pajak bersama Ashadi dan Rekan

Ashadi Rekan Bandung merupakan bagian dari firma Ashadi dan Rekan yang menyediakan pelayanan jasa pajak, akuntansi dan jasa konsultansi pada bidang akuntansi, perpajakan, manajemen dan training terpercaya, independen, akuntabel, dan profesional.

Simak Video “Jasa Pemeriksaan Pajak, Penjelasan dan sedikit uraiannya”

@akuntan_keuangan_pajak Pemeriksaan Pajak, Penjelasan dan sedikit uraiannya.. yuks disimak… #fyp #tpdoc #audit #konsultanpajak #pemeriksaanpajak #laporankeuangan #akuntansi #kja ♬ suara asli – KJA & KKP Ashadi dan Rekan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top